Jumat, 17 September 2010

haa iki Presiden Cuma Ajukan 1 nama Calon Kapolri

 17/09/2010 - 16:46

Presiden SBY Hanya Ajukan Satu Nama Calon Kapolri
MA Hailuki
Presiden SBY
(inilah.com)
INILAH.COM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan akan mengirim satu nama calon Kapolri ke DPR.
"Sepertinya cuma satu nama yang akan dikirim Presiden," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR Tjatur Sapto Edy kepada INILAH.COM, Jumat (17/9).
Menurut Tjatur, dirinya menyambut baik keputusan Presiden SBY yang hanya akan mengirim satu nama calon Kapolri ke DPR.
"Dengan satu nama maka kondisi internal Polri akan tetap solid, tidak ada manuver-menuver politik saat pemilihan," ujarnya.
Namun Ketua Fraksi PAN di DPR ini mengingatkan, internal Polri tidak akan bergejolak jika satu nama yang akan dicalonkan tersebut sosok yang memang layak dan matang menjadi Kapolri.
"Agar tidak menjadi kontroversi harus figur yang memang sudah matang dan memenuhi syarat sebagai Kapolri," ujar Tjatur.
Sebelumnya diberitakan, Komisaris Jenderal Polisi Nanan Soekarna dinilai banyak pihak sebagai sosok yang tepat menjadi Kapolri. Pria kelahiran Purwakarta, 30 Juli 1955 ini adalah lulusan terbaik dengan bintang Adhi Makayasa, Akademi Kepolisian tahun 1978.
Nanan dikenal sebagai sosok yang sarat dengan pengalaman penugasan dan berbagai jabatan strategis. Terkait penugasan dalam satuan kewilayahan Polri dari polsek sampai polda.
Penugasan yang pernah diemban jenderal bintang tiga ini di antaranya, Kapolsek Sepatan, Tangerang, Wakapolresta Kediri, Kapolres Jakarta Timur, Kapolwil Purwakarta, Kapolwil Bogor, Wakapolda Metro Jaya, Kapolda Kalbar (Tipe A) dan Kapolda Sumut (Tipe A).
Selain penugasan dalam satuan kewilayahan, ia juga tercatat pernah menjabat dalam berbagai satuan fungsi reserse, di antaranya Wakasat Serse Polres Tangerang, Kasat/Kadis Serse Polres Tangerang, Kabag Serse Polwil Bojonegoro, Kadit Serse Polda Kalsel, serta Kasubdit Keamanan Negara Korserse Mabes Polri.
Nanan pernah menjadi Danyon Taruna Akpol, Korspri Pimpinan Kapolda Metro Jaya, Korspri Pimpinan Kapolri, Kapuskodalops Polda Sulsel, Ses NCB Interpol Indonesia, Staf Ahli Bidang Sospol Kapolri, Kadiv Humas Polri, dan terakhir menjabat sebagai Irwasum Polri sejak Januari 2010. [mah]

Sumber : http://www.inilah.com/news/read/politik/2010/09/17/827061/presiden-sby-hanya-ajukan-satu-nama-calon-kapolri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar